Cara Menghilangkan Kutu Pada Rambut


Diperkirakan kurang lebih 15% anak indonesia alami masalah kutu rambut, serangga kecil tanpa sayap yang mengisap darah manusia melewati kulit kepala. kutu rambut sulit ditemukan karena warnanya sangat sama dengan warna rambut dan ukurannya kecil. kutu rambut jantan dewasa berukuran kurang lebih dua milimeter, tetapi yang betina sedikit besar karena memiliki rongga perut untuk telur-telurnya.
Siklus kutu rambut
Siklus kutu rambut


Gejala
sering menggaruk kepala adalah tanda utama seseorang memiliki kutu rambut. tetapi untuk meyakinkan keberadaannya, yang amat praktis yakni menghamparkan handuk atau saputangan putih dan tempatkan kepala anak di atasnya, lalu menyisir rambut dengan sisir khusus untuk kutu rambut ( serit ). di kampung-kampung orang biasa menyimpan sisir jenis ini, yang biasanya berbilah dua dan bergigi rapat dan kaku. jika ada kutu rambut, maka kutu dan telur-telurnya yang berwarna putih bisa berjatuhan atau menempel di sisir.


Langkah singkirkan kutu rambut
- sisir serit,
metode tersebut terus sering digunakan untuk singkirkan telur dan kutu rambut. namun diperlukan keterampilan khusus untuk menggunakan sisir tersebut agar kutu dan telurnya dapat terangkat.

- bawang merah
bawang merah dianggap bisa singkirkan kutu rambut. usapkan bawang merah dibagian kulit kepala dan pijat dengan perlahan, diamkan hingga beberapa menit dan lakukan pembilasan hingga benar-benar bersih.

- cuka apel,
metode langkah singkirkan kutu rambut dengan cuka memanglah sudah banyak diketahui. anjuran penggunaan : campur 2 sendok cuka apel dengan 6 sendok teh air. usapkan keseluruh kulit kepala. biarlah hingga 2 jam lalu bersihkan dengan bersih.

- minyak tea tree,
gunakan minyak tersebut di kulit kepala. langkahnya hampir sama saja dengan penggunaan cuka apel.

- almond,
campur almond dengan lemon hingga lantas pasta lalu berikanlah di kulit kepala hingga merata selama sampai 2 jam dan bersihkan hingga bersih rambut dan kulit kepala.

- menggunakan kapur ajaib
ini adalah langkah ampuh untuk membunuh kutu rambut. kapur ajaib i ni sudah banyak ditemukan di pasaran, lantas cukup mudah untuk mendapatkannya.

- memangkas rambut
perihal ini adalah langkah termudah yang dapat dikerjakan. pangkaslah rambut di tempat tinggal serta janganlah di area pangkas dikarenakan tak lagi menularkan kutu pada orang lain.

- minyak kelapa.
minyak kelapa ( jawa : minyak klentik ) dapat memasuki saluran pernafasan kutu dan membunuh mereka. tuang minyak kelapa hangat di kepala anak sebelum saat anak akan berangkat tidur. remaslah rambutnya layaknya keramas. bungkus kepala dengan topi mandi plastik. keramaskanlah pada besok harinya. sisir rambut dengan sisir serit untuk bersihkan telur-telur kutu yang tetap melekat. ulangilah pekerjaan ini sepanjang 3 hari berturut-turut sampai kutu betul-betul bersih.

- cuka putih
manfaat cuka putih yaitu untuk melepas telur-telur kutu yang melekat di rambut kepala. selain itu, cuka adalah antiseptik yang bisa bersihkan jamur serta bakteri di kepala. cara gunakan : basahi kepala anak dengan air cuka. tutup kepala dengan topi plastik sepanjang kurang lebih 30 menit. sisirlah rambut dengan sisir khusus. telur-telur yang pada awalnya lengket di rambut dapat dengan gampang lepas dengan sendirinya dari rambut. sesudah itu keramaslah dengan bersih. ulangilah bila dibutuhkan.


pencegahan supaya tidak tertular :

- setelah tahu bahwa anak anda terkena kutu rambut, periksalah bagian keluarga yang lain untuk meyakinkan adakah yang turut tertular atau tidak.

- pisahkan peralatan anak anda yang terkena kutu rambut dengan bagian keluarga yang lain, layaknya : sisir, topi, handuk, bantal, dan sebagainya.

- jangan sampai menggantung handuk, topi, jilbab dan seterusnya di area gantungan yang sama sampai kutu rambut bisa melompat dari satu barang ke barang lain.

- untuk sesaat sampai anak dipastikan bebas kutu, pisahkan area tidurnya. kutu dapat melompat dari kepala anak yang satu ke yang lain pada waktu mereka tidur dengan kepala berdekatan
Maruschka Albertine M.
This comment has been removed by the author.

Post a Comment